Social Icons

Jumat, 11 Maret 2011

Puluhan Petani diajari Membuat Pupuk

BIREUEN - Puluhan petani di Desa Cot Mane, Kecamatan Samalanga, Bireuen, diajari membuat pupuk pestisida nabati dan pupuk anorganik oleh penyuluh pertanian, di halaman meunasah desa setempat, Kamis (10/3). Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi pengeluaran petani karena bahan yang dipakai berasal dari buah-buahan dan daun-daunan yang mudah didapat di lingkungan masyarakat setempat.

“Pestisida nabati bermanfaat untuk mencegah penyakit yang menyerang tanaman padi dan tanaman produktif lainnya. Dengan pupuk pestisida nabati petani tidak perlu lagi membeli pestisida atau pupuk organik, sehingga mengurangi pengeluaran bagi petani. Selain itu pestisida nabati juga bisa dikomersilkan,” kata Kepala Badan Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Bireuen, Sofyansyah di hadapan pada petani setempat.

Sofyansyah yang didampingi koordinator pengamat hama dan penyakit tanaman Kabupaten Bireuen, Azhari serta beberapa tenaga penyuluh lainnya menambahkan, jenis hama yang dapat dibasmi dengan mengganukan pupuk pestisida nabati itu antara lain, ulat, kepinding tanah, dan walang sangit yang menyerang daun tanaman. “Selain bahan bakunya mudah diperoleh, cara pembuatan dan penggunaan pestisida nabati lebih mudah dan nyaman daripada pupuk organik atau pestisida yang dibeli di pasar,” katanya.

Diterangkan Sofyansyah, dalam enam liter pestisida nabati bisa digunakan untuk satu hektare lahan tanaman. Jadwal penyemprotan pupuk tersebut juga bisa dilakukan kapan saja tidak terpengaruh dengan waktu dan iklim. Selain itu, kata Sofyansyah, peran penyuluh sangat diutamakan dalam memberikan penyuluhan kepada petani terutama terkait pembuatan dan penggunaan pupuk pestisida nabati tersebut.

“Kami berharap seluruh petani di Kabupaten Bireuen dapat memanfaatkan daun-daunan dan buah-buahan yang terdapat di sekitarnya untuk diolah menjadi pupuk pestisida nabati, sehingga ke depan ketergantungan petani terhadap pupuk organik dapat dikurangi,” ujarnya.(c38)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar